Pelayanan Teknis

Ilmu Screen Printing

Home > Pelayanan Teknis > Berbagi Ilmu Printing > Ilmu Screen Printing > Hubungan antara Screen-Print dan Printing
Hubungan antara Screen-Print dan Printing
Hubungan antara Screen-Print dan Printing
Screen-Printing – Pola dicetak terdiri oleh ribuan lubang kecil(mesh) di layar screen. Tuangkan tinta pada layar screen dan letakan objek yang mau dicetak dibawahnya, tinta akan melalui jala dan mencetak pola pada objek. Screen-Printing juga bisa disebut Silk-Screen Printing, karena bisa menggunakan sutra sebagai bahan layar screen.
Screen-Printing sangat serbaguna, karena dapat mencetak berbagai macam bahan, seperti pakaian, keramik, the set, peralatan listrik, papan reklame, plastic, logam, produk high-tech dll. Maka itu Screen-Printing telah mejadi teknologi yang sangat diperlukan saat ini.
Platform dan Jigs
1. Jika objek cetak sangat tipis dan ringan, dianjurkan untuk menggunai platform yang mempunyai suction function. Terutama saat mencetak pola yang besar, karena objek akan menempel dengan layar screen karena terlalu tipis dan ringan. Suction function juga bisa digunakan untuk menetapkan posisi objek.
2. Superstrength healant adalah bahan yang paling sering di gunakan untuk membuat Jigs, karena sangat praktis dan cepat. Bahan lain seperti mealamine resin dan epoxy juga dapat digunakan untuk membuat Jigs.
3. Menjaga kedataran permukaan cetak adalah hal yang sangat penting bagi Screen-Printing.
4. Jika pola yang mau dicetak sangat dekat dengan tepi objek, sebaiknya menggunakan alas(harus lebih rendah dari objek) sekitar 3~5 cm pada 4 sisi objek.
5. Jika permukaan objek berbentuk lengkungan, maka harus membuat jigs dengan radius yang sama seperti objek. Bukan hanya objek yang berbentuk silinder baru bisa dicetak, objek yang berbentuk kerucut juga dapat dicetak.
Layar screen
1. Mesh density – Yang paling sering digunakan dari 50 mesh sampai 480 mesh. Untuk mencetak bahan yang bisa menyerap air seperti kain, kertas dan keramik, sebaiknya menggunakan mesh yang lebih kecil. Mesh semakin kecil, tinta akan lebih mudah pudar, jadi sebaiknya menggunakan tinta yang lebih kental untuk layar screen dengan mesh kecil.
2. Layar screen bisa dibuat dari nylon(lebih elastic) dan tetoron(lebih keras). Jika objek yang mau dicetak agak besar, sebaiknya menggunakan layar screen yang terbuat dari nylon. Jika permukaan objek datar, bisa menggunakan layar screen yang terbuat dari tetoron.
3. Tension layar screen – Layar screen tetoron atau layar screen lain yang mempunyai high tension, jarak objek dan layar screen boleh lebih dekat. Sebaliknya, jarak objek dan layar screen harus lebih jauh. Biasanya jarak objek dan layar screen sekitar 2~4 mm.
4. Membrane layar screen – Jika membrane layar screen lebih tebal, maka hasil cetakanya juga akan lebih tebal. Bentuk dan derajat kekerasan rakel juga bisa mempengaruh ketebalan hasil cetak, tetape daya pengaruhnya tidak sebesar membrane layar screen.
5. Ukuran layar screen – Jika menggunakan Hand-Print, lebihkan 5cm pada setiap sisi layar screen dari pola. Jika meggunakan mesin, lebihkan paling sedikit 10cm pada jalur rakel dan 5cm pada sisi atas dan bawah.
Rakel
1. Bentuk rakel – Biasanya berbentuk segi empat, bentuk lancip, bentuk anak panah dan bentuk U empat macam.
2. Bentuk segi empat – Digunakan untuk mencetak permukaan yang datar, tekananya saat menggores juga lebih besar, maka cocok untuk mencetok pola yang kecil dan tipis. Jika mencetak pola yang lebih rumit, gunakan rakel yang lebih keras agar tintanya tidak mudah pudar saat mencetak.
3. Bentuk lancip – Digunakan untuk mencetak permukaan yang tidak begitu rata, juaga cocok untuk mencetak pola yang besar, karena tekananya lebih kecil, tetapi karena itu juga hasil cetakanya akan lebih tebal.
4. Bentuk anak panah – Digunakan untuk mencetak permukaan yang melengkung.
Tinta
1. Jika dibedakan dengan cara pengeringan, mereka bisa dibagi menjadi 3 jenis, tipe solvent evaporation, tipe UV drying dan tipe water-based.
2. Tinta solvent evaporation – Proses pengeringan tergantung dengan ignition point 
 
  solvent. Jika ignition point semakin tinggi, maka proses pengeringanya akan semakin lambat.
3. Tinta UV drying – Proses pengeringan tergantung dengan sinar UV, karena itu layar screen tidak akan tersumbat dengan tinta. Tinta akan mulai mengeras sesudah kena sinar UV, selain itu tinta UV drying juga lebih keras jauh dibandingkan dengan tinta yang lain, maka sering digunakan saat mencetak dengan otomatis program.
4. Tinta water-based – Proses pengeringan dengan secara alami, juga bisa dipercepat dengan menggunakan oven.
5. Adhesi – Karena bahan material dan kebutuhan adhesi yang berbeda-beda, maka setiap merek tinta mempunyai series yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan dalam segala kondisi
 
目前廠內主要銷售的油墨有:
德國美耐博marabu,德國ruco,日本seiko,日本十條ops

*德國美耐博marabu:揮發速度中等,移網印均適用
SR系列,適用於ABS,PC,壓克力(單,雙液皆可,添加硬化劑較耐酒精)
PU系列,適用於PU材質,如高爾夫球等.(屬兩液型需加硬化劑)
PY系列,適用於金屬,烤漆,IC,記憶卡(屬兩液型需加硬化劑)
GL系列,適用於玻璃材質. (屬兩液型需加硬化劑)

*德國RUCO, 揮發速度快僅適用於移印.
T45系列,適用於ABS,PC,壓克力
T180系列,適用於金屬,烤漆.

*日本SEIKO,揮發速度中等,移網印均適用
廠內庫存的有EPOXY1300,EPOXY1000,VIC
特性請參閱SEIKO目錄
EPOXY1300:用於金屬,烤漆,玻璃但需高溫烘烤170度30分鐘方能附著.
EPOXY1000:用於金屬,烤漆,玻璃需加硬化劑,烘烤120度30分鐘.(雙液型)
VIC:用於ABS,PC,壓克力,尼龍,單雙液均可

*日本十條, 揮發速度中等,移網印均適用

OPS系列:適用於PP材質(如針筒).並非所有PP材質均能附著,最好經過測試.
*彩印GK,對外稱WK, 揮發速度中等,移網印均適用
適用於ABS,PC,壓克力

溶劑部分
1. 特慢乾(又稱防塞劑), 特慢乾適用於網印防止塞網的部份
2. 慢乾,通常用於網印油墨的稀釋,比例約5%左右
3. 中乾,通常用於移印油墨的稀釋
4. 快乾,通常用於移印油墨的稀釋
5. 特快乾,通常用於移印油墨的稀釋,加速油墨的揮發,促進脫墨效果
6. 擦拭劑,通常用於印刷不良時的擦拭,擦拭時不會破壞ABS,PC,壓克力的表面
7. 洗版劑,通常用於網版或鋼版的清洗
添加劑
1. 消泡劑marabu ST1,移網印皆宜,通常用來降低油墨的黏度來防止拉絲的現象產生,
  添加比例約為10%
2. 慢乾膏(又稱暫凝膏),分為進口的HM,及台灣做的,都有常態庫存
  用於網印防止油墨擴散太快.為一種類似油脂膏狀物體,添加10~20%於油墨內,可使油墨在印刷進行中,油墨的蒸發乾硬速度減緩,且不會產生像稀釋劑添加後,油墨易於擴散流動,無法印出清稀的細微圖案情形.它會降低油墨的流動性,增加油墨的暫凝性,且有降低油墨粘度的作用.所以它能防止油墨的擴散流動,使得印刷圖案能夠非常清晰不會模糊,它可被廣泛的應用在細微圖案.線條.半色調網點及表面粗糙的被印物上添加使用.它也可被使用在降低油墨黏度及延遲油墨在印刷版上的過快乾燥塞版的情形.在移印油墨的應用上更可因能降低油墨的黏度,又可增加油墨的固態成份,而提昇移印的油墨轉印效果.唯一必須注意的是使用過量時,會造成油墨之顏色濃度降低,表面光滑度減退
3. VM1平滑消泡劑,移印.網印皆可,常態庫存
  VM1可增加油墨之流動性,使油墨在高速印刷下,或不良的天後下,不易起泡,起泡後亦可自行消泡.印刷後表面形成一個光滑,亮麗的效果,減少表面針洞白點之發生.添加量不可高於5%.添加後油墨之流動性增加,故需注意過量使用會造成印刷圖案擴散的反效果
調機的工序(網印機)
1. 將機器的氣壓閥關閉,通常位於氣壓源入口處有一滑動閥,可以將氣壓源關閉
2. 鎖附治具於機器平台上,鎖付前需先選取鎖付的位置與方向,此時需考慮網版
  的排版位置與方向
3.
把印刷素材固定於治具上
4. 將網版固定於網框夾上.
5. 將網版固定於網框夾上
6. 再度調整網框夾高度,讓網版比印刷素材高約1.5~4mm之間,調整完畢固定螺
  絲記得鎖緊如為曲面印刷時,需注意要調整T型長條座下方之牙桿,使被印物與網版成平行.
7.
調整印刷位置,需比對網版的內容與印刷素材之印刷位置,由網版上方往下目
  視,比對完成再將固定網框夾之螺絲鎖緊
8.
調整回墨刀高度與水平,讓回墨刀之低點能稍微高於網版,且與網版平行
9.
調整刮膠高度,角度,與水平,讓刮膠之低點能平貼於被印素材,且與印刷面成平
  行.(刮膠角度越直排氣越佳,但較無法適應較不平的印刷面 *如為曲面印刷時,需注意要調整T型長條座下方之牙桿,使被印物圓心之中心線位於與刮膠之接觸線上
10. 調整網印機右方感應器距離(S3),讓回墨之位置能超越網版上之圖案
11. 整網印機左方感應器距離(S4),讓刮膠之位置能超越網版上之圖案,距離最好
  有10mm以上,以必免因機器緩衝缸之煞車減速而影響印刷.
12. 將機器的電源與氣壓閥開啟
13. 倒入稀釋好的油墨於網版印刷圖案上方,按一下半自動鍵開始印刷
印刷問題
Q1 印刷圖案不完整或無法印出
A:
1. 刮膠下壓距離不夠
若刮膠下壓距離不夠於印刷時(未覆墨時)檢視網版上方會發現網版上仍會殘留一層油墨
2. 油墨太濃
通常油墨太濃僅就一部份圖案無法印出,且印出之圖案容易因太濃黏度高而拉絲
3. 刮膠水平不佳
通常刮膠水平不佳會一邊印得出圖案另一邊印不出圖案
4. 油墨太快乾
油墨太快乾的徵兆與第二點油墨太濃的徵兆相似,但檢查油墨之流動性發現具有相當之流動性而又印不出圖案時則極有可能為油墨太快乾了.圖案越細的地方越容易因油墨太濃或太快乾而印不出
5. 倒完油墨沒有立刻印刷造成塞網
Q2 刷之字體,線條,溢出油墨
A:
1. 油墨太稀
2. 印刷素材表面有紋路(此時需使用較硬之刮膠,並加快刮墨速度或使用濃稠之油墨,添加暫凝膏等)
3. 刮墨速度太慢
Q3 印刷之字體,線條,產生雙影
A:
1. 離版太近.(曲面印刷有時可以不需離版)
2. 素材印刷時會晃動
3. 如為曲面印刷,需注意要調整T型長條座下方之牙桿,使被印物圓心之中心線位於與刮膠之接觸線上
4. 下刀與起刀時是否有跳刀現象.(印刷圖案之前後需有20mm以上之支撐)

Kembali Halaman Sebelumnya